PKS Semarang Utara Galakan Dolanan Tradisional

PKS Semarang Utara Galakan Dolanan Tradisional

Semarang Utara, semarang.pks.id – Dalam rangka mewujudkan kota ramah anak, Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga PKS Kecamatan Semarang Utara mengenalkan dan mengajak anak-anak perkampungan miskin bermain dolanan tradisional yang berlokasi di Plombokan Semarang Utara. Lokasi Plombokan ini merupakan perkampungan yang mayoritas penduduknya berpenghasilan rendah.

 

Anak-anak yang ikut bermain dalam acara tersebut terlihat sangat gembira dan terhibur, relawan PKS mengenalkan dan ikut  mengikuti dolanan tradisional. Permainan yang dikenalkan diantaranya adalah, cublak-cublak suweng, lompat tali, lompat kota dan petak umpet. Anak-anak sangat antusias ketika diajak bermain oleh relawan PKS, mengingat kesibukan orang tua mereka sebagai buruh jarang sekali mendapatkan kesempatan bermain bersama keluarga.

 

Ketua Seksi  Perempuan dan Ketahanan Keluarga Kecamatan Semarang Utara Ganggas Wahyuni mengatakan, pemilihan lokasi Plombokan diadakan kegiatan ini, dikarenakan wilayan ini adalah perkampungan yang mayoritas masyarakat bawah yang sangat rawan dengan kekerasan kepada anak dan perempuan.

 

“Wilayah sini kan mayoritas memang berpendapatan rendah, tekanan ekonomi memang sangat rentan menimbulkan kekerasan rumah tangga, sehingga kami adakan kegiatan ini. Kami menghibur anak-anak dengan mengajak bermain mereka dengan dolanan tradisional, agar mereka juga kembali kepada permainan yang kreatif dan mulai mengurangi bermain dengan gadget,” Ungkap Wahyuni.

 

Selain acara bersama anak-anak, PKS juga melounching Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang memilik tujuan melakukan pembinaan keluarga tertuama untuk menghindari adanya kekerasan kepada perempuan dan anak. Setelah di Plombokan, DPC PKS Semarang Utara akan mendirikan RKI di kelurahan lain yang akan ditempatkan didaerah-daerah rawan kekerasan rumah tangga.

 

IMG_0332 IMG_0353

Leave a Reply