PKS Semarang Gelar Pengobatan Gratis Korban Rob

PKS Semarang Gelar Pengobatan Gratis Korban Rob

Semarang, semarang.pks.id – DPC PKS Semarang timur menggelar acara bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan gratis di Kampung Rekjoleksono Mlatiharjo Semarang Timur Minggu (12/6). Kegiatan ini dilaksanakan setelah adanya keluhan masyarakat sudah mulai muncul penyakit-penyakit, karena setiap hari mereka harus beraktifitas di tengah-tengah genangan rob. Atas keresahan warga tersebut tim kesehatan PKS Semarang terjun ke lapangan dengan satu unit mobil khidmat pks berisi obat-obatan.

Sejak pukul delapan pagi, warga masyarakat sudah memadati acara pengobatan. PKS menyediakan 2 dokter, 2 perawat dan 2 apoteker. Setelag melakukan pendaftaran, warga dilayani tim kesehatan PKS untuk mendapatkan pemeriksaan dan obat. Pertama warga dilakukan pemeriksaan awal dengan pemeriksaan tensi, setelah itu, warga di periksa oleh dokter dan di berikan obat oleh tim apoteker sesuai dengan penyakit yang di deritanya. Kurang lebih 50 an warga mengikuti acara pengobatan ini.

Dari pemeriksaan yang sudah dilakukan banyak di antara warga masyarakat yang menderita gatal-gatal kulit dan pencernaan. Karena setelah terjadi rob, warga masyarakat sering terkena air rob dan juga minim dengan air bersih.  Untuk pengobatan awal, PKS menyediakan obat obatan gratis kepada masyarakat.

Ketua DPC PKS Semarang Timur Rozak mengungkapkan, warga daerah Mlatiharjo ini setiap hari tergenang rob hingga 30 cm, sehingga perlu di jaga kesehatan warga masyarakat terutama warga miskin. Karena kondisi rob yang ada, masyarakat merasa enggan datang ke puskesmas sehingga PKS inisiatif untuk datangkan tim kesehatan.

“Warga masyarakat tergenang rob setiap harinya, mereka mengeluhkan sudah mulai banyak penyakit, namun karena mereka sibuk dengan kondisi rumah yang terkena rob, mereka enggan untuk datang ke layanan kesehatan terdekat, sehingga PKS merasa punya kewajiban untuk hadir jemput bola” terang Rozak.

Rozak menambahkan, kegiatan pengobatan yang dilakukan PKS ini hanyalah kegiatan kecil jika di banding persoalan warga yang tergenang rob, untuk itu, Rozak meminta pemerintah untuk juga hadir di tengah-tengah warga masyarakat memberikan pelayanan kesehatan.

“Ini hanya kerja kecil, paling kami hanya bisa melayani 50 warga, padahal korban rob ini sangat banyak sehingga pemerintah perlu turun kepada warga” jelasnya.

Salah satu warga masyarakat yang juga ikut pengobatan ini Sugeng Prayitno mengungkapkan, adanya pengobatan gratis ini sangat bermanfaat untuk warga terutama masyarakat yang tidak mampu.

“Alhamdulillah ini ada pengobatan sehingga saya bisa ikut periksa, awalnya mau ke puskesmas tapi karena harus ngurusi rumah setelah kena rob jadi belum bisa periksa, maturnuwun buat teman teman pks” Ungkap Sugeng.

Leave a Reply