Ini Dia Lomba Makan Kerupuk Ala PKS

Ini Dia Lomba Makan Kerupuk Ala PKS

Semarang, semarang.pks.id – Perayaan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia kebanyakan memang dirayakan dengan berbagai macam perlombaan, mulai dari tingkat RT, RW hingga kelurahan. Warga akan sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam menyemarakkan hari lahir negara Indonesia. Hal inipun nampak dari Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SPKK) DPC PKS Semarang barat yang menggelar lomba-lomba antar anak-anak di Pesisir Pantai Marina (24/8). Menariknya adalah para kader PKS menggelar lomba makan kerupuk yang tak biasa, maka lomba ini pun spesial dengan nama lomba makan kerupuk ala PKS, bagaimana sih lombanya?

Bedanya dengan lomba makan kerupuk kebanyakan, lomba makan kerupuk ala PKS ini diawali dengan membaca lafadz basmalah. Kemudian kerupuk di gantung rendah menggunakan tali yang lumayan panjang sehingga ketika makan, peserta tidak sambil berdiri namun duduk dengan santai. Lomba yang diikuti oleh puluhan anak-anak di sekitaran Pantai Marina ini sangat seru.

Setelah perlombaan makan kerupuk usai, anak-anak di ajak untuk melakukan bersih-bersih mengumpulkan sampah di tepi pantai. Hal ini mengajarkan anak-anak untuk bisa menjaga kebersihan sejak dini. Mengenalkan kepada anak-anak dampak merugikan yang dapat ditimbulkan oleh sampah yang menumpuk di tepi pantai dapat mengakibatkan bencana.

SPKK DPC Semarang Barat, Vindy Andarsari, mengatakan bahwa anak-anak perlu belajar diluar ruangan sehingga dapat menumbuhkan pengetahuan mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan alam. “Kegiatan ini merupakan program rutin dimana mengajak anak-anak untuk belajar bersama mengenal lingkungan sekitar, sehingga acara ini dilaksanakan di luar ruangan, salah satunya yaitu di pantai, dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak memiliki tambahan pengetahuan”, papar Vindy Andarsari mantap.

Kegiatan semacam ini perlu diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil selain itu orang dewasa juga dapat memberikan contoh nyata kepada anak-anak pentingnya menjaga lingkungan sekitar dari sampah. Karena dampak yang ditimbulkan tidak hanya dapat merugikan diri sendiri namun juga orang lain serta lingkungan alam yang menjadi tempat tinggal. (rth)

Leave a Reply