PKS Gelar Pelatihan Tips Didik Anak di Era Digital

PKS Gelar Pelatihan Tips Didik Anak di Era Digital

Semarang, semarang.pks.id – Rumah Keluarga Indonesia (RKI) DPC PKS Semarang Barat menggelar acara pelatihan dengan tajuk “Menjadi Orang Tua Teladan dan Peka di Era Digital” di Balai Kelurahan Manyaran Kecamatan Semarang Barat (28/7). Acara yang diikuti oleh Ketua RW dan RT serta ketua PKK se Kelurahan Manyaran ini, bertujuan untuk memberikan pemahanan kepada masyarakat bahwa perlu perhatian khusus kepada anak di era digital yang semakin maju pesat.

Sebagai pembicara, RKI DPC PKS Semarang Barat mengundang Pendidik dan Pemerhati Anak Kota Semarang Ibu Febby Fadjarita Nahumaruri, S.Pd. Dalam materinya beliau menjelaskan gejala-gejala negatif anak dan modus-modus perilaku anak dalam  menggunakan sosial media. Ia menjelaskan banyak orang tua yang tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi, kalah cepat dengan anak, sehingga ini menjadi persoalan karena orang tua tidak dapat mengawasi apa yang dilakukan anak dalam bersosial media.

“Tidak banyak orang tua yang mengetahui perkembangan teknologi apalagi sosial media, itu menjadi dunia asing, sedangkan anak sangat terampil berselancar diinternet, sehingga para orang tua tidak mudah untuk bisa mengawasi apa yang dilakukan anaknya dalam bersosial media,” Ungkap Febby dalam pemaparan materinya.

Dalam acara ini, para orang tua diberikan penyadaran pentingnya untuk ikut mempelajari dan mengikuti perkembangan teknologi dan sosial media. Bahkan orang tua juga seharusnya memiliki akun-akun sosial media dalam rangka mengawasi perilaku anak.

Ketua Panitia Sri Marjeni mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan Launching Rumah Keluarga Indonesia di Kelurahan Manyaran. RKI ini akan difungsikan sebagai pendamping para orang tua dalam membina keluarga terutama dalam pendidikan anak.

“Ini merupakan kegiatan pembuka sekaligus menandai dibukanya program Rumah Keluarga Indonesia di Kelurahan Manyaran, sehingga kami berharap, semua warga yang memiliki persoalan tentang rumah tangga dan pendidikan anak kami dapat mendampingi karena kami memiliki banyak program diantaranya parenting dan konseling” Ungkap Jeni.

Selain itu, Setua Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga SPKK PKS Semarang Barat Vindy Andarsari mengungkapkan, akan terus berupaya mengembangkan Rumah Keluarga Indonesia hingga dapat dibuka disetiap kelurahan. Setelah sukses launching dan ramai dengan banyak kegiatan di tingkat kecamatan, saat ini SPKK PKS Semarang Barat akan merambah di tingkat kelurahan.

“Insyaallah kita akan kembangkan Rumah Keluarga Indonesia ini agar dapat dibuka disetiap kelurahan sehingga kita akan semakin dekat dengan kebutuhan masyarakat,” Terangnya

 

Leave a Reply