Raperda Rumah Kos Mulai Dibentuk

Raperda Rumah Kos Mulai Dibentuk

Semarang, DPRD Kota (20/01) Badan Pembentukan Perda (BPP) DPRD Kota Semarang sehari lalu mengadakan FGD terkait raperda tentang rumah kos. Rumah kos sendiri merupakan komoditas bisnis yang marak dimiliki oleh masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal dekat dengan perguruan tinggi atau lembaga-lembaga pendidikan. Berdasarkan hasil survei setidaknya terdapat tiga tipe rumah kos, yakni tipe lower, middle, dan high  dengan harga yang berbeda-beda dari masing-masing tipe.

Raperda mengenai rumah kos ini merupakan inisiatif dari DPRD Kota Semarang, melihat pesat dan menjamurnya pertumbuhan rumah kos di kota Semarang. Suharsono, selaku ketua Badan Pembentukan Perda mengatakan bahwa tujuan dari adanhya perda ini nantinya adalah agar dengan adanya rumah kos itu sendiri tertata dengan baik serta tidak menggangu ketertiban dan lingkungan. “ Harapannya dengan adanya perda ini nantinya mampu untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan lingkungan, harus ada aturan tentang kos. Agar masyarakat sebagai bagian dari lingkungan tersebut tidak terganggu” jelas Suharsono.

Suharsono menambahkan bahwa perda ini nantinya juga akan mencegah atau mengatasi tindak penyalahgunaan rumah kos seperti rumah kos yang dijadikan tempat prostitusi dan sarang narkoba. Perda ini juga akan mengatur terkait ijin pendirian rumah kos dimana nanti peraturan ini juga sekaligus dijadikan sebagai payung hokum untuk melindungi pemilik rumah kos. (hm)

 

Leave a Reply