Akan Ada Perda Wajibkan Pemkot Fasilitasi Kegiatan Olahraga

Akan Ada Perda Wajibkan Pemkot Fasilitasi Kegiatan Olahraga

Sejak tahun lalu, DPRD Kota Semarang melalui Badan Pembentukan Perda (BPP) melakukan sosialisasi atas rancangan peraturan daerah (raperda) yang akan dibahas oleh DPRD bersama pemkot tahun ini. Banyak harapan dari masyarakat agar warga mendapat kemudahan atas fasilitas olahraga di setiap kelurahan bahkan RW. Mereka berharap, terbitnya perda tentang olahraga menjadi salah satu fasilitas hiburan bagi warga Semarang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Fraksi PKS Kota Semarang Suharsono.

Menurutnya, pemkot perlu membiasakan masyarakatnya berolahraga, sehingga kesehatan masyarakat akan terjaga. Prinsip utamanya adalah memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

“Olahraga tidak bisa dipungkiri adalah salah satu sarana bagi masyarakat untuk hiburan, berkumpul, sekaligus menjaga kesehatan. Pemkot harus memfasilitasi ini, karenanya perlu ada perda agar ada tanggung jawab bersama,” terangnya.

Politisi muda ini mengatakan, pekan ini BPP akan membahas raperda penyelenggaraan olahraga di Kota Semarang. Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan dan kemudahan serta menjamin terselenggarannya kegiatan keolahragaan bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.

“Dalam UU sudah jelas, ya, pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan untuk kegiatan olahraga, untuk itu di Kota Semarang ditekankan lagi agar pelayanan olahraga ini dapat terealisasi dengan baik dengan diwujudkan dalam bentuk perda, kita harap pemerintah memfasilitasi kegiatan olahraga bahkan sampai tingkat RW,” terangnya.

Leave a Reply