PKS Kota Semarang Imbau Kader dan Struktur Gunakan Kemasan Daging Kurban Ramah Lingkungan

SEMARANG – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang Suharsono mengimbau kepada seluruh kader dan struktur di tingkat Dewan Pengurus Cabang dan Dewan Pengurus Ranting menggunakan kantong plastik ramah lingkungan dalam mengemas daging hewan kurban pada Idul Adha 1440 hijriah.

Menurut Suharsono, para kader PKS harus berkontribusi mengurangi pemakaian plastik demi pelestarian alam dengan mengurangi kantong plastik untuk bungkus daging kurban.

Sebagai ganti kantong plastik, Suharsono berharap para kader PKS yang menjadi panitia kurban menggunakan alternatif pembungkus daging ramah lingkungan dan membawa wadah sendiri yang terbuat dari bahan ramah lingkungan saat mengambil hak atas hewan kurbannya.

”Kami harapkan kemasan harus aman, ramah lingkungan, dan tidak menjadi sampah, kami imbau agar panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan, seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, atau bahan ramah lingkungan lainnya yang mudah dijumpai,” paparnya.

Kantong plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah. Selain itu, kantong kresek hitam dinilai memiliki kandungan yang berbahaya untuk makanan.

Lebih lanjut, Suharsono mengatakan pihaknya memastikan panitia kurban DPD menyediakan kantung daging kurban ramah lingkungan. “ Di kantor DPD nanti pada Ahad (11/8) juga akan dilakukan pemotongan daging kurban dengan panitia DPC Semarang Barat, pembagian daging kurban direncanakan menggunakan besek,”pungkas Suharsono.

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PKS Kota Semarang Imbau Kader dan Struktur Gunakan Kemasan Daging Kurban Ramah Lingkungan"