PKS Gaet Potensi Pemuda untuk Berdayakan UMKM

  • Whatsapp

Menurut data BPS tahun 2019 jumlah UMKM di Jawa Tengah mencapai sekitar 4,8 juta unit. Namun data UMKM yang sudah dibina di dinas Koperasi & UMKM Jawa tengah berjumlah sebesar 137 ribu atau sekitar 2,85% dari total jumlah UMKM yang tercatat di BPS. Sedangkan data yang tercatat di dinas Koperasi & UMKM Kota Semarang ada sekitar 17 ribu UMKM.

DPD dan DPC PKS memiliki perhatian besar terhadap pengembangan kewirausahaan anak muda dan pemberdayaan UMKM. Salah satu solusi yang paling tepat untuk mengatasi ekonomi di Kota Semarang ialah dengan mengembangkan potensi UMKM yang ada di Kota Semarang.

Maka, Bidang kepemudaan DPD PKS Kota Semarang mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus tingkat DPC pada Sabtu (8/2/2020) terkait perhatian ini.

Di zaman ini, sudah bukan saatnya lagi para pemuda berkumpul untuk duduk-duduk saja, melainkan harus ada aktivitas yang bermanfaat untuk membangun masyarakat disekitarnya.

Menurut ketua DPD PKS Kota Semarang, Suharsono, melalui bidang kepemudaan DPD dan DPC, PKS Semarang akan mewujudkan program yang akan menggeliatkan potensi serta kemampuan wirausaha muda.

Dalam agenda koordinasi, bidang kepemudaan PKS Semarang membahas perlu adanya agenda pembinaan kewirausahaan anak muda, dengan merencanakan program workshop digital marketing bagi anak muda.

“Dengan kemampuan digital marketing yang dimiliki, para pemuda didorong untuk bersinergi dan berpartisipasi aktif dalam membantu memberdayakan potensi UMKM agar naik kelas dan go digital,” Ujar Furqon, salah satu pengurus kepemudaan PKS Semarang yang juga ketua PKS Muda Kota Semarang.

Untuk mewujudkan program ini, ke depannya bidang Kepemudaan PKS Semarang berniat untuk bersinergi dengan dinas-dinas atau instansi terkait, serta komunitas UMKM yang ada di Kota Semarang.

PKS berencana mengerahkan para pemuda yang telah digandeng dan dilatih dengan kemampuan manajemen bisnis dan digital marketing, untuk bersinergi dengan pihak dinas-dinas terkait baik dinas koperasi dan UMKM maupun dinas terkait lainnya.

“Hal ini akan diwujudkan dalam rangka ikut berkontribusi dalam menyukseskan program nasional 1 juta UMKM naik kelas,” tambah Furqon.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *