Menguatkan Soliditas di Partai Dakwah

  • Whatsapp

Oleh: Muhammad Afif, Lc*

Marilah jadikan nikmat iman sebagai landasan dasar amalan ibadah kita, dan aktifitas kita berdasarkan Islam sebagai arahannya. Mari kita perkuat, solidkan ukhuwah agar Allah SWT senantiasa memberikan pertolongannya kepada kita.

إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ

Jika kamu menolong/membela Agama Allah, maka Allah akan menolongmu.

Pertama-tama, saya ucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan DPC PKS Kecamatan Gajahmungkur yang baru, masa bakti 2020-2023. Juga apresiasi saya, karena paska pelantikan, kepengurusan ini terus bergerak.

Bergerak ini menunjukkan DPC ini tidak sakit, ini tanda DPC tidak mati, dan ini merupakan tanda semoga Allah SWTakan memberikan keberkahannya pada semua kepengurusannya.

Yang kedua, ada ungkapan dari Mustafa Masyhur begini, “الحركاتوه باروكة“, dengan gerakan, InsyaAllah kita semua mendapatkan keberkahan.

Salah satunya adalah kemenangan. oleh karena itu, mari kita masing-masing agar terus bergerak karena Allah SWT, agar pikiran, hati, dan fisik serta jama’ah ini sehat.

Kata Imam syafi’i “Air yang tergenang itu kotor. Jika kotor, hanya menjadi tempat kuman yang tidak sehat dan membawa penyakit. Sedangkan air yang mengalir itu akan jernih dan bersih, yang membuat diri dan lingkungannya sehat menyehatkan”.

Makna dari kalimat ini adalah, ketika kita terus bergerak, untuk beramal sholeh, menjalankan amanah, dan keputusan keputusan pimpinan dan hasil musyawarah dengan baik, insyAllah kita akan sehat akal, hati, fisik, dan jama’ah kita, serta mendapatkan keberkahan.

Yang ketiga, perjalanan dakwah ini dalam sejarahnya telah menghadapi berbagai tantangan.

Mulai dari tahun 99′ dulu ada tokoh yang terkenal, ceramahnya selalu memberikan simpati dan membuat terkesima yang mendengarnya, tapi kemudian beliau insilah.

Ada juga tokoh-tokoh kita yang insilah kemudian memiliki komunitasnya sendiri. Dan yang baru baru ini juga ada tokoh kita yang dikenal dengan narasi-narasinya yang memukau, lalu juga meminggirkan diri. Ini adalah semua pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya, bahwa dakwah ini akan terus memiliki tantangannya.

Mari jadikan tantangan tantangan ini sebagai semangat buat kita lebih lagi untuk berdakwah dan beramal sholeh, agar tujuan dakwah ini bisa tercapai. Maka, mari kita terus kuatkan ukhuwah kita, bekali terus akal kita dengan ilmu dan informasi yang benar agar kita tetap solid.

Berikutnya, mari kita jaga suasana kerjasama yang komunikatif, karena amanah ini adalah amanah bersama, dan kepemimpinan yang ada adalah bersifat kolektif, sehingga kerja kita adalah kerja dalam bingkai kebersamaan.

Jagalah terus kumunikasi yang baik antar struktur maupun dewan, saling mengawasi dan mengingatkan satu dengan yang lain, agar terhindar dari ketidak amanahan dan kesalahan langkah.

Karena ukhuwah itu punya prinsip, sesudah saling mengenal, berkomunikasi, saling memahami, saling tolong menolong, takaful dan seterusnya. Mari itu kita amalkan.

* Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Jawa Tengah/Wakil Ketua DPRD Kota Semarang
** Disampaikan dalam kegiatan Rakercab DPC PKS Gajahmungkur Kota Semarang, Ahad (9/2/2020) di Gedung DPW PKS Jawa Tengah
*** Notulensi dan foto oleh Firdaus (MFA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *