Empat Hal yang Harus Kita Lakukan di Tahun Baru Islam

  • Whatsapp

Oleh: H Muhammad Afif, Lc*

Saat ini kita memasuki tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H. Tahun baru ini kita sambut dengan cara -cara yang islami. Memang, di dalam Al-Qur’an dan hadits tidak ada petunjuk dan arahan serta perintah yang jelas dan eksplisit tentang bagaimana kita harus menyambutnya. Namun paling tidak ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam rangka menyambut tahun baru hijriyyah.

Diantaranya sebagai berikut:

1. Bersyukur kepada Allah SWT

Yaitu bersyukur atas segala nikmat yang di berikan oleh Allah swt berupa nikmat iman, umur, Rizki yang selalu kita terima, ilmu dan masih banyak nikmat yang tak terhitung nilainya.

Tentang hal ini Allah swt berfirman :

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).


2. Introspeksi diri (Muhasabatunnafsi)

Datangnya tahun baru Hijriyyah ini harus kita gunakan untuk berintrosopeksi diri atas semua yang telah kita kerjakan selama satu tahun silam ,dan kita menjadi apapun dan bekerja dimanapun kita juga harus melakukan introspeksi diri.

Jika kita tahun lalu banyak melakukan kesalahan dan dosa, segeralah bertaubat kepada  Allah SWT, jika usaha kita banyak mendapatkan kegagalan, banyak-banyaklah kita belajar dari sebuah kegagalan dan jika kinerja kita pada tahun lalu tidak atau kurang baik maka perbaikilah di tahun mendatang begitulah seterusnya.

3. Membuat rencana.

Setelah kita banyak merenung tentang berbagai kesalahan, kegagalan dan keberhasilan selama satu tahun, kita di tuntut segera membuat program atau perencanaan yang matang untuk tahun yang akan datang

4. Melakukan hijrah.

Berarti meninggalkan sesuatu yang tidak baik dan dilarang oleh agama menuju kehidupan dan amal yang lebih baik, dengan harapan dan bertekad tahun ini kita harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

Wallahu A’lam Bishawab.

*Wakil Ketua DPRD Kota Semarang/Ketua DSW PKS Jawa Tengah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *