Ke-4 Kalinya, PKS Kota Semarang Kembali Gelar Aksi Donor Darah untuk Kemanusiaan

  • Whatsapp
Sekretaris DPD PKS Kota Semarang Setyawan mendonorkan darahnya, Ahad (14/3/2021). (Foto: EAR)

SEMARANG – Bidang kesejahteraan social (Kesos) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang kembali menggelar aksi donor darah untuk kemanusiaan.

Kegiatan donor darah itu digelar pada Ahad (14/3/2021) di lantai 1 kantor DPD PKS Kota Semarang, Jalan Pusponjolo Timur raya 33 Bojongsalaman, Semarang Barat Kota Semarang.

“Di tengah kondisi pandemi, kebutuhan darah tetap ada untuk berbagai terapi penyakit, mulai dari yang membutuhkan darah rutin seperti pasien penyakit thalasemia atau kanker, hingga penyakit yang tidak rutin seperti demam berdarah, kecelakaan, atau ibu melahirkan,”kata Ketua Bidang (Kabid) Kesos DPD PKS Kota Semarang Anton Purwiyanto, Ahad (14/3/2021) di Kota Semarang.

Menurut Anton, acara donor darah yang diadakan kali ini sudah berjalan ke-4 kalinya di DPD PKS Kota Semarang dengan jumlah peserta rata-rata setiap kegiatan 75 orang dari kader, simpatisan dan masyarakat di Kota Semarang.

“Kami menyadari bahwa terjadi penurunan jumlah stok darah akibat Covid-19 khususnya di Kota Semarang. Hal ini terjadi karena ketidaseimbangan antara kebutuhan darah dan jumlah pendonor membuat stok darah di PMI menurun,”jelasnya.

Sehingga, Anton menghimbau masyarakat untuk tetap menyumbangkan darahnya di PMI maupun yang diadakan oleh DPD PKS Kota Semarang setiap 3 bulan sekali.

“Tentu acara Donor Darah ini berjalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Untuk pelaksanaanya sendiri masih bisa dikatakan aman. Kami juga sudah membuat protokol kesehatan terkait pelaksanaan donasi darah, yakni dimulai dari pemeriksaan suhu sebelum berdonasi, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19 dan pemeriksaan fisik sederhana,”papar Anton.

Pada kegiatan donor darah bersamaan dengan kegiatan vaksinasi COVID-19, Anton mengungkapkan sejumlah peserta belum boleh melakukan donor darah jika baru saja melaksanakan vaksinasi.

Sejumlah tokoh DPD PKS Kota Semarang, seperti Ketua DPD DPKS Kota Semarang Suharsono juga belum bisa melaksanakan donor darah karena baru saja melaksanakan vaksinasi.

“Boleh melakukan donor darah bagi peserta yang baru saja vaksinasi adalah saat empat pekan pasca vaksinasi, kami ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk yang tetap berani donor darah di tengah pandemi,”pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *