Belajar Berkreasi dengan Sampah

  • Whatsapp


Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SPKK) DPC PKS Kecamatan Tugu Semarang pada Ahad (21/3/2021) menggelar kegiatan pelatihan pemanfaatan sampah bersama Bank Sampah Mawar Merah Kelurahan Tugurejo.

Ketua SPKK DPC PKS Kecamatan Tugu Rini Widjajanti mengisi pelatihan ini dengan memanfaatkan limbah sampah plastik (kantung plastik) yang seringkali didapat dari ketika belanja di warung atau plastik bekas bungkus makanan. Kegiatan awalnya , peserta diajak praktek melipat atau menyimpan kantung plastk yang seringkali diabaikan dan dibuang, supaya rapi dan bisa digunakan lagi.Kemudian peserta melanjutkan dengan praktek membuat bunga krokot dan bunga aglonema dari kantung plastik bekas.

Menurut penuturan Rini, kegiatan ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam menanggulangi masalah sampah, sekaligus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sampah supaya menjadi barang yang memiliki nilai jual sehungga bisa menambah pendapatan keluarga.


Dalam kesempatan acara tersebut, Tatik Sri Rochiyati selaku Ketua Bank Sampah Mawar Merah menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar lingkungan tetap bersih sehat. mengajak peserta untuk aktif memilah sampah. Ia juga mengajak warga agar lebih giat memilah sampah dan mendayagunakannya dengan baik, sehingga bisa nenambah kesejahteraan warga pula.

“Mencintai lingkungan, kebersihan (kebersihan adalah sebagian dari iman kita) monggo kita terapkan kebersihan kerapian , keindahan lingkungan kita. Peduli dengan sampah yang bermanfaat. Saya kalau jual sampah itu sampai ber-ton-ton, mendapat 2 juta rupiah. Monggo kita gerakkan pilah sampah dari rumah,” ujarnya dalam sambutan.

Peserta terdiri dari PKK Kelurahan, RT, RW, Dasa Wisma, serta nasabah Bank Sampah Mawar Merah. Peserta begitu antusias mengikuti kegiatan dan berharap kegiatan ini akan terus berlanjut. “Alhamdulillah, para peserta dengan antusias mengikuti kegiatan hingga selesai menjelang dhuhur,dan berharap, kegiatan ini akan terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan selanjutnya yang bermanfaat,” tambah Rini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *